Pages

Friday, May 22, 2020

Gara-gara Corona Part 2


Hai semua, lanjutan curhat gw soal Corona.

Kegiatan gw masih di rumah aja, ngikutin anjuran Pemerintah. Makanya gw suka gemes deh ama warga plus 62 yang masih bandel.
Trus gara-gara di rumah terus, gw jadi langganan Netflix yang cuma bayar Rp 49.000, streaming via HP. 
Awalnya gw bayar Netflix karena penasaran sama serial Itaewon Class dan Money Heist yang lagi booming itu. Ehhh.. gw malah jadi nonton drakor lain kayak She was Pretty, What's wrong with Secretary Kim, dan Extracurriculer.

Nonton drakor macam Itaewon Class, She was Pretty, What's wrong with Secretary Kim itu berasa selera gw balik ke 'receh'.
Alur cerita cintanya itu yg bikin gemes karena cinta terpendam, malu-malu kucing, trus perjuangan ngedapetin cinta pertama. Busyeett, pantesan gara-gara drama macam gini warga plus 62 jadi pada ngayal babu.

Pendapat gw mengenai Serial Money Heist sendiri ga sebagus yang orang-orang hebohin.
Alurnya bertele-tele ngingetin gw sama telenovela dan shitnetron yang 'ogah tamat', ceritanya dipanjang-panjangin. 
Buat yang udah nonton Money Heist, inget kan adegan balada pesan mailbox soal sidik jari di sendok? atau adegan pas dapetin sketsa dalang perampokan tapi dihapus karena saksi mata diancem.
Anjrit, gara-gara adegan itu, gw merasa kualitas serial ini downgrade. So gw stop nonton di Season 2 episode ke 2 (ini pun udah gw tahan-tahanin). Bye!

***

Sekarang gw mo cerita soal kisah kasih refund tiket Emirates gw di Traveloka yang ga kalah ribetnya kayak serial Money Heist.

Jadi begini, awalnya tiket Emirates gw ga bisa refund. Cuma bisa Reroute, Reschedule, Travel voucher, Open ticket 24 bulan.

Tanggal 10 April 2020, kebijakan maskapai berubah. Tiket non refundable pun boleh full refund.
Maka tgl 14 April 2020, setelah gw yakin bisa full refund (chat dari CS nya), maka gw pun mengajukan refund. Sampai sekarang belum ada perkembangan apa-apa. Gw disuruh nunggu 90 hari mulu.

Gw live chat Emirates, refund ini takes 60-90 hari. Busyeet, lama bangeeet, bikin deg-degan aja. Ini emang dari Emiratesnya sendiri yang lambreta.

Hare gene gw butuh cash banget dong. Mayan banget tuh 7,3 jeti.. apalagi sejak WFH gaji gw kaga full, THR juga menggenaskan.
Mudah-mudahan refundnya cash dan lancar, bukan dalam bentuk travel credit. Secara gw belum minat ke Eropa lagi dalam setahun ini. Mengingat korban coronanya banyak, pasti butuh waktu lama recoverynya.

Kalau udah boleh terbang/liburan, gw mungkin memilih wisata domestik dulu. Sekalian untuk membantu pariwisata di Indonesia yang sedang terpuruk.


***

Trus gw mo cerita soal financial nih..
Di part 1 gw ceritakan gimana gw membagi duit gw dalam beberapa portfolio.
Karena sekarang sedang krisis ekonomi, cash is the king. Gw naro semua duit di instrumen yang aman walopun bunga minim.

Taka gw di OCBC, gw tutup walaupun kena penalty. Trus gw alihkan ke instrumen yang aman yaitu  deposito yang gw perpanjang tiap per 1 bulan, jadi gampang ambil kalau ada apa-apa.
Gw deposito di Digibank by DBS. Praktis via mobile apps. Bunganya cukup tinggi 5,75% per tahun (belum dipotong pajak 20%).

Sebagian duit gw di taruh di City TMRW by UOB. Ini tabungan plus investasi dengan bunga 4% per tahun. Kelebihannya bisa diambil sewaktu-waktu.

Emas fisik masih ada, tapi ga nambah-nambah. Menurut gw emas masih liquid, karena gampang dijual.

Kabar baek, alhamdulillah setelah hampir 3 bulan telat, pendanaan gw di Investree cair. Gw udah hold dana dari P2P Lending (Investree & Asetku), soalnya terlalu berisiko. Gw belum siap kehilangan duit. Yang terakhir telat bayar aja gw udah deg-degan, takut galbay cyin.
Sesekali tergoda juga sih naro duit di Asetku, heheh. Tapi masih belum berani kalo inget-inget jaman sekarang banyak yang kredit macet.

So dengan penjabaran semua ini, gw tinggal nunggu duit tiket refund aja yang 7,3 jeti itu cair. Lumayan kalo cair gw taro buat nambah-nambah di deposito.

Happy Eid Mubarak everyone:)






No comments:

Post a Comment