Pages

Wednesday, March 25, 2020

Gara-gara Corona

di langit Helsinki

Guys, awal 2020 ini rasanya suram banget ya. Gw mo curhat ni..
Corona yang awalnya gw kira cuma di Cina doang, atau cuma sekitar Asia, ga nyangka bisa sampe seluruh dunia, bahkan Eropa sekarang jadi pusat pandemic.

Rencana Eurotrip pas libur Lebaran nanti terancam punah. Padahal gw udah rencana holiday ke Austria/Swiss bareng J. Trus di Jerman bareng J yang laen, heheh.
Nampaknya gw harus cukup sabar ketemu sama duo J ntu. Sedihh.

Nah, gara-gara ga jadi ke Yurep, gw sekarang harus bergelut dengan refund ticket, yaitu maskapai Emirates.
Dunia penerbangan sedang babak belur, jadi mereka cuma bisa nawarin opsi travel voucher, reschedule, atau open ticket 12 bulan, yang mana selisih harga dibebankan ke konsumen.
Jujur gw kuchiwa. Disaat susah gini, gw lebih milih full refund dalam bentuk duit lah. Secara gw bayar tiket pake duit, bukan voucher.

Gw plan Eurotrip ini karena visa Schengen gw valid sampe Juli 2020. Karena corona makin mewabah, gw ga mau plan trip taon ini. Apalagi gw pastinya kudu keluar duit dan tenaga juga untuk apply visa.
Trus tiket gw Jakarta-Munich, Milan-Jakarta. Rute itupun karena visa Schengen gw yang masih valid. Cos kalo apply via kedubes Jerman/Italy, males banget. Gw rencana kalo apply visa via kedubes Belanda aja. Siapa tau dapet durasi panjang kayak visa sekarang.

Corona berefek juga sama investasi gw di P2P Lending Investree.
Begini awalnya gw invest ke 4 perusahaan di Investree. 2 peminjam tenornya 1 bulan, jadi lancar. 2 lagi tenor 2-3 bulan, pas banget wabah corona. Gw tau sih pasti corona ini berefek ke perusahaan. Bahkan yang grade A pun telat, bayarnya sempet nyicil 30% dari total pinjaman.

Gw juga invest di Asetku. Tanggal 1 April ntar cair. Mungkin gw tahan dulu aja deh dana segarnya. Situasi ga menentu gini bikin galau. Iyes, walopun P2P ini high risk high return, tapi gw masih ga rela kalo ada yang sampe telat. Deuh mudah-mudahan ga sampe galbay.

Untuk inves gw di instrumen lain yaitu emas fisik, sekarang gw belum nambah-nambah lagi. Rencana target beli 1 gram per bulan tinggal bayangan. Soalnya gw juga ada setoran taka (tabungan berjangka). Pokonya incess pusing deh.

Gw sekarang udah WFH (Work From Home). Jadi gw juga agak was-was ni gaji berkurang. Kalo uang harian pasti ye ga dapet, tapi mudah-mudahan gaji pokok utuh.

Klien-klien banyak yang meliburkan karyawan. Tapi karena karyawan ini berhubungan langsung dengan customer (posisi SPG, SPB, BA), jadi ga ada WFH. So selain wabah corona, untuk meminimalisir PHK, maka karyawan diliburkan tapi tetep digaji dengan itungan prorate.
Ya gw juga ga bisa nyalahin para pengusaha. Toh mereka juga lagi babak belur.

So di situasi gini gw stop dulu hedon-hedon.
Rencana gw laser bikini line, gw pending dulu. Traveling pun begitu.
Makan aja gw manfaatin voucher-voucher, hehehe.. Tadi gw beli 2 paket panas McD cuma Rp 22.000,- via aplikasi McD. Mantaffff.

Alhamdulillah gw udah demen nabung sejak masih kecil, sejak masih TK.
Jadi gw udah sedia dana darurat kalo ada apa-apa. so I feel secure.

Stay healthy, everyone.. Semoga badai cepat berlalu. Amin






1 comment: